Apakah Sidik Jari Setiap Orang Berbeda? Peneliti James D Glover dkk dalam jurnal Cell melaporkan, mekanisme gelombang sinyal kimiawi menyebar saat pembentukan jari terjadi pada janin di usia 13 minggu rupanya menyebabkan pola sidik jari yang berbeda-beda pada setiap orang, seperti dikutip dari Science Alert.

Tahukah Anda bahwa kembar identik pun mempunyai sidik jari yang berbeda? Mungkin sulit untuk membedakan anak kembar, tetapi melihat dari dekat ujung jari mereka dapat mengungkap siapa itu siapa. Alasannya sebagian terletak pada gen mereka, namun sebagian besar karena cara unik pertumbuhan kulit setiap orang sebelum lahir.

Tiap orang memiliki sidik jari yang unik satu sama lain. Dua anak kembar pun punya sidik jari yang berbeda. Studi mendapati, Kemungkinan sidik jari anak kembar bisa sama hanya 1:64 miliar. Kok bisa?

Apakah Sidik Jari Setiap Orang Berbeda?

Adapun pola sidik jari manusia tersebut dikelompokkan menjadi tiga jenis utama, yaitu whorls atau pusaran lingkaran simetris, pola panjang melengkung seperti huruf U yang disebut loops, serta bubungan segitiga mirip gambar gunung sederhana yang disebut arches.

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Pembentukan Sidik Jari di Janin

Untuk mengetahui proses pembentukan sidik jari di kandungan, ahli genetika Denis Headon dari University of Edinburgh dan rekannya mengurutkan RNA di dalam inti sel ujung jari embrionik manusia untuk mengidentifikasi gen yang diekspresikan selama perkembangan janin.

Pada penelitian ini, tim ini menggunakan jaringan embrionik dari orang-orang yang mengakhiri kehamilannya di Inggris.

Rupanya, gen-gen tersebut menggali tiga jalur pensinyalan yang berbeda, yakni keluarga protein yang membawa instruksi antar sel. Tiap jalur ternyata berperan dalam mengarahkan pertumbuhan kulit di ujung jari.

Peneliti mendapati, gen WNT dan BMP yang terlibat dalam dua jalur pensinyalan ini diekspresikan ke dalam garis-garis sel secara bergantian di ujung jari yang sedang berkembang. Nah, proses ekspresi gen inilah yang menciptakan alur dan tonjolan pada sidik jari.

Bersama WNT, sinyal EDAR juga diekspresikan di alur yang berkembang. Ketiga jalur pensinyalan bersama-sama mengontrol formasi tonjolan primer yang tumbuh jadi struktur sidik jari yang bergelombang.

Apakah Sidik Jari Setiap Orang Berbeda?

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Hubungan Sidik Jari Manusia dengan Garis Zebra

Hubungan berlawanan antara WNT dan BMP di ujung jari manusia yang menyebabkan terbentuknya pola sidik jari beserta cekungan dan tonjolan merupakan ciri khas pola Turing.

Pola Turing adalah konsep dari matematikawan Alan Turing pada 1952 saat menguak misteri pola macan tutul. Pola Turing menjelaskan bahwa ada sejumlah aktivitas kimiawi berbeda yang beraktivitas tumpang-tindih sehingga menimbulkan pola kompleks pada bulu hewan.

Nah, pola Turing ini banyak terjadi di alam, termasuk garis zebra, totol macan tutul, dan kulit ikan tropis. Pada sidik jari manusia, pola Turing menjelaskan kenapa ada garis sidik jari yang terputus, terbelah dua, atau pendek.

Headon menjelaskan, bentuk pola sidik jari seperti whorl, loop, atau arch sangat dipengaruhi anatomi jari dan waktu formasi tonjolan dan cekungan sidik jari.

“Keunikan tiap sidik jari muncul dari elemen-elemen polanya setiap menit,” jelas Headon.

Lebih lanjut, ada tiga titik awal pembentukan sidik jari di jemari janin, yaitu di tengah-tengah pusat bantalan ujung jari, di akhir jari di bawah kuku, dan di lipatan buku-buku jari.

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Apakah Sidik Jari Setiap Orang Berbeda?

Kenapa Anak Kembar Punya Sidik Jari Beda?

Sementara itu, kembar monozigot terbentuk dari sel telur dan sperma yang sama. Namun, setiap bayi kembar yang lahir sudah mengalami serangkaian mutasi genetik di dalam rahim. Alhasil, kedua bayi kembar jadi tidak 100 persen identik, termasuk pada sidik jarinya.

Di samping itu, genom, jalur molekuler berbagi informasi, dan instruksi antargen anak kembar juga sedikit berbeda. Jalur pensinyalan sangat sensitif terhadap faktor lokal kecil di dalam rahim. Karena itu, anak kembar sekalipun tidak luput dari mendapat sidik jari berbeda di ujung jarinya.

Apakah Sidik Jari Setiap Orang Berbeda?

Sumber : https://www.detik.com