Inilah Tanda Anak Memiliki Potensi Jenius Sejak Lahir, Ibu Wajib Tahu!. Anak jenius umumnya telah menunjukkan kelebihan tersebut sejak mereka masih bayi. Lalu, bgaimana kita bisa mengetahui bahwa dia adalah anak yang jenius?

Dambaan setiap orangtua adalah jika anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak hanya dari segi fisik yang ditandai pertambahan tinggi tubuh, tapi juga perkembangan otaknya.

Pada anak usia balita, tak banyak orangtua yang menyadari bahwa tanda yang ditunjukkan anak merupakan indikasi bahwa ia berpotensi memiliki kecerdasan hingga tingkat jenius.

Mempunyai anak yang jenius, merupakan impian semua orang tua. Anak jenius biasanya sudah menunjukkan kelebihan tersebut sejak mereka bayi.

Memiliki anak yang jenius, adalah impian semua orang tua, karena kecerdasan anak itu akan memberikan dampak yang baik untuk diri anak kelak. Walau kadang samar, banyak orang tua yang tak peka dengan kondisi anak yang ternyata jenius dan cerdas.

Seperti kebanyakan orang tua, Bunda tentunya menginginkan Si Kecil tumbuh sehat dan cerdas. Rasanya tak berlebihan jika berharap anak memiliki bakat dasar jenius. Menjadi wajar kalau Bunda sesekali juga mengkhawatirkan perkembangan Si Kecil sejak dini. Apakah cukup asupan gizinya? Apakah kecerdasannya tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya?

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Karakter anak cerdas, ciri bayi jenius sebenarnya bisa tampak dari sejumlah tanda. Howard Gardner, pakar pendidikan Universitas Harvard, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa ada sembilan bentuk kecerdasan yang disebut kecerdasan majemuk (multiple intelligences).

Ternyata Bunda, kecerdasan majemuk itu mencakup banyak hal, dari kecerdasan kinestetik-jasmani, verbal-linguistik, logika matematika, visual-spasial. Juga kecerdasan intrapersonal, interpersonal (antarpribadi), musikal, naturalis, sampai kecerdasan moral.

Bagaimana Bunda tahu kalau memiliki bayi cerdas, yang jenius? Jangan khawatir, Bunda, semua bayi dilahirkan selalu membawa potensi. Meskipun Si Kecil mungkin sudah memiliki bakat jenius, bagaimana ciri bayi jenius itu tampak? Yuk Bunda, kenali apa saja ciri bayi jenius.

Berikut ini 5 tanda anak kamu punya potensi genius sejak lahir

1. Mereka bicara lebih awal dan mempunyai kosakata yang luas.

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Di dalam tumbuh kembang anak, ada yang sesuai dengan usainya, ada pula yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Apabila ada anak tumbuh kembangnya jauh di atas anak seusianya, misalnya seperti berbicaranya yang lebih awal dan mempunyai kosakata yang luas, maka anak tersebut merupakan tanda anak yang jenius.

2. Mereka suka bertanya pertanyaan yang dalam.

Tanda yang kedua yaitu jkka ada anak yang selalu bertanya hal – hal yang detail, dan belum berhenti bertanya sebelum memperoleh jawaban yang bisa memuaskan versi mereka.

Bahkan, mereka juga kerap mempertanyakan hal – hal yang terkadang membuat orang tuanya harus berpikir keras supaya jawaban yang disampaikan bisa diterima oleh sang anak.

3. Mereka dapat belajar hal yang baru sangat cepat.

Ketika mempelajari ilmu baru, ada anak yang cepat untuk menyerap pelajaran tersebut, namun ada pula anak yang lambat untuk menerima pelajaran. Salah satu tanda anak yang jenius yaitu cepat ketika mempelajari suatu hal yang baru.

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

4. Mereka baca lebih awal dan suka sekali membaca.

Jika ada anak yang memiliki hobi membaca dan telah mampu membaca sejak dini, itu artinya anak tersebut termasuk anak yang jenius.

5. Mereka mempunyai selera humor yang sangat tinggi.

Apabila ada anak yang gemar bercanda dengan orang tua, saudara hingga teman-temannya, dan dia mampi membuat orang disekitarnya tersenyum, itu artinya anak tersebut merupakan tanda anak yang jenius.

Tentu saja masih banyak ciri bayi jenius. Yang jelas, kecerdasan anak termasuk salah satu yang diturunkan secara genetik atau turunan, pertumbuhannya juga bergantung pada nutrisi, kesehatan umum, hingga lingkungan Si Kecil tumbuh dan berkembang.