Mengapa Anak Perlu Pendidikan Usia Dini?. Pendidikan Anak Usia Dini berperan penting dalam pengembangan keseluruhan kebutuhan sosial, emosional, kognitif dan fisik anak untuk membangun fondasi yang kuat dan luas untuk pembelajaran dan kesejahteraan seumur hidup.

Memberikan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas tinggi dapat menjadi bekal awal terbaik dalam hidup anak-anak. Beberapa manfaat lainnya termasuk membantu mereka berteman, mengembangkan kemandirian, belajar rutinitas baru, dan juga mendukung transisi mereka ke jenjang sekolah dengan tingkat lebih tinggi.

Saat anak berada di usia dini, antara hari lahir dan usia 8 tahun, otak anak sangat sensitif terhadap lingkungan di sekitar mereka. Terdapat beberapa manfaat dari pendidikan anak usia dini yang harus kita ketahui sebagai orangtua.

Mengapa Anak Perlu Pendidikan Usia Dini?

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan ruang ekspresi yang dapat membantu proses perkembangan anak lebih optimal. Tujuannya adalah untuk membentuk anak yang berkualitas sebelum memasuki pendidikan dasar, serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, menurut Prof. Dr. Lydia Freyani, Dewan Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, kegiatan di PAUD dapat memberi rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak usia pra-sekolah.

Tak hanya memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal sekolah, kegiatan-kegiatan di PAUD juga menanamkan kejujuran, kedisiplinan, dan berbagai hal positif lain yang bagus untuk pertumbuhan anak.

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Anak yang sebelumnya mendapatkan pendidikan di PAUD seringkali memiliki kemampuan untuk komunikasi lebih baik saat sekolah. Hal ini dikarenakan ia sudah terbiasa untuk bermain, belajar, hingga makan bersama dengan teman yang memiliki usia sebaya.

Terbiasa dan senang belajar

Selain dibina, anak-anak juga membutuhkan lingkungan belajar yang menyenangkan, penuh semangat, aman dan bertumbuh di mana mereka didorong untuk mengeksplorasi, meninjau, mengkritik, merefleksikan dan mengembangkan kemampuan mereka dalam mengatasi masalah. Anak-anak akan terbantu untuk belajar dengan antusias dan efektif, memiliki rasa ingin tahu dan haus akan pengetahuan dan pemahaman dengan pengalaman dari pendidikan awal yang berkualitas.

Perkembangan sosialisasi dan emosional

Rasa percaya diri yang sehat adalah kecakapan hidup yang penting. Berinteraksi dengan orang lain dan pendidikan masa dini yang berkualitas dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa percaya diri yang kuat dan positif yang akan bermanfaat baik sepanjang hidup mereka. Ketika pikiran, ide, dan pertanyaan anak-anak didengarkan, diakui, dihargai dan dihormati, mereka membentuk pemahaman tentang diri mereka sendiri dan posisi mereka di dunia.

PAUD juga bisa membantu perkembangan emosional dan kecerdasan anak. Selain itu, anak juga bisa memiliki sikap lebih sabar, mandiri, dan mudah bergaul dengan orang lain. Anak juga akan diajarkan untuk berhitung, membaca, menulis, dan terlatih untuk menuang kreativitasnya melalui kegiatan yang menyenangkan seperti menggambar dan bernyanyi. Pengalaman yang didapat di PAUD ini dapat memupuk kecerdasannya.

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Belajar kerja sama dalam tim

Pada umumnya, sulit bagi anak-anak untuk mengerti konsep tentang berbagi, bergiliran, berkolaborasi, dan bekerja sama. Namun, mereka dapat mempelajari konsep-konsep ini dengan bimbingan, dukungan dan kepedulian dari pendidikan yang berkualitas. Lingkungan belajar yang berfokus kuat pada kolaborasi sosial dan menyetarakan posisi masing-masing anak ketika bekerja dalam kelompok adalah fondasi yang sangat baik bagi anak-anak untuk belajar tentang pentingnya kerja sama.

Mengenalkan rasa hormat dan toleransi

Kemampuan bertoleransi dan menghormati sesama sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Bimbingan dan dukungan dari pendidikan berkualitas dapat membuat anak-anak lebih cenderung belajar sopan santun, toleran dan tetap menghormati orang lain bahkan ketika mereka mungkin tidak menyukai apa yang mereka lakukan atau katakan, serta menghormati lingkungan sekitar mereka dan dunia yang lebih luas.

Membangun daya tahan dan kesabaran

Anak-anak cenderung ingin mencoba hal-hal yang beragam karena pikiran mereka yang aktif dan energik. Namun, akan ada banyak hal tidak terduga yang tidak akan selalu berjalan sesuai keinginan mereka. Situasi dimana mereka mungkin kalah dalam permainan, tidak diikut sertakan dalam suatu aktivitas, kecewa dengan hasil atau ketika sesuatu yang mereka inginkan tidak bisa mereka dapatkan. Pengalaman-pengalaman ini perlu mereka rasakan secara langsung untuk membangun daya tahan, belajar bersabar dan mengelola emosi mereka.

Baca Yuk :  Tips Cara Membantu Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun

Bekal Pendidikan

Pendidikan anak usia dini bisa menjadi bekal yang baik bagi pendidikan akademik anak nantinya. Jika anak sudah terbiasa belajar sedari kecil, ketika memasuki jenjang sekolah berikutnya akan lebih siap dan cepat. Hal tersebut memungkinkan anak untuk menimba ilmu dengan lebih baik.

Kepribadian anak menjadi lebih positif

Salah satu yang terpenting dalam pendidikan anak usia dini adalah membantu anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan bersosialisasi dengan teman sebayanya, belajar, dan bermain dengan senang, anak-anak bisa mengelola stres dan belajar menyelesaikan masalah. Hal itu bisa membuat anak memiliki kecenderungan kepribadian yang lebih positif di masa depan.

Mengapa Anak Perlu Pendidikan Usia Dini?

Sumber : www.detik.com